Camilan Sehat Padat Nutrisi untuk Anak Saat Bepergian Jauh

Camilan Sehat Padat Nutrisi untuk Anak Saat Bepergian Jauh

Banyak hal harus Anda persiapkan dengan matang sebelum bepergian jauh bersama anak. Di samping pakaian dan obat-obatan penting, stok camilan sehat untuk anak tidak boleh dilupakan. Terlebih karena perjalanan jauh biasanya akan menguras banyak tenaga.

Jangan sampai si kecil malah lemas atau merasa bosan di tengah-tengah perjalanannya. Nah, agar anak tidak rewel selama bepergian jauh, Anda bisa menyediakan beberapa jenis camilan yang tidak sekadar mengenyangkan, tapi juga sehat.

Camilan sehat untuk anak selama di perjalanan
Membeli makanan ringan di jalan memang terbilang cepat dan praktis. Namun, apakah sudah pasti aman dan sehat untuk keluarga, terutama si kecil?

Dibanding harus membeli makanan siap saji yang tidak jelas kebersihan dan nutrisinya, kenapa tidak coba mempersiapkan bekal camilan sehat untuk anak selama di perjalanan? Meski butuh persiapan khusus, nantinya akan terasa lebih mudah selama Anda tahu makanan apa saja yang tepat untuk diberikan pada si kecil selama perjalanan jauh.

Granola bar dan yogurt

granola bar

Granola bar adalah camilan dengan bahan utama oat dan kacang-kacangan, yang ditambahkan buah kering dan sedikit madu sebagai pelengkap. Granola mengandung serat tinggi yang baik untuk melancarkan kerja sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, hingga membuat perut kenyang lebih lama.

Ukurannya yang kecil dengan bentuk yang mudah digenggam membuat granola bar mudah dimakan anak meski sedang berada di dalam mobil, kereta api, pesawat, atau kapal laut.

Kandungan granola bar juga kaya akan karbohidrat dan protein sehingga bisa membantu menambah asupan energi anak. Apalagi ketika dipadukan dengan yogurt tanpa lemak yang banyak terdapat protein dan kalsium di dalamnya.

Popcorn

Popcorn terbuat dari jagung yang sudah tidak perlu diragukan lagi kandungan karbohidrat, serat, serta proteinnya. Jika ingin menghasilkan popcorn yang lebih sehat, sebaiknya ganti mentega dengan minyak zaitun untuk menambahkan rasa gurih. Selanjutnya, masak popcorn di atas kompor dan bukan di microwave.

Agar lebih sehat, kreasikan dengan bahan alami lain seperti lada, bawang putih, kayu manis, dan lain sebagainya. Bahkan, sah-sah saja kalau ingin menambahkan beberapa potongan sayuran atau buah kering dalam popcorn buatan Anda supaya anak makan lebih banyak serat.

Selain lebih bergizi, tampilan popcorn kreasi sendiri akan jauh lebih cantik karena warna yang menarik. Popcorn juga mudah dibawa karena tidak perlu takut tumpah sekaligus mengenyangkan perut.

Muffin isi sayuran

Jika anak hobi makan camilan manis juga gurih, muffin bisa jadi salah satu sajian pilihan yang tepat. Komposisi dari tepung, telur, dan sedikit minyak zaitun yang dicampur bersama bahan-bahan pelengkap lainnya bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

Muffin tidak melulu harus diolah bersama cokelat, kok. Agar semakin terasa lezat tapi tetap sehat, Anda bisa berkreasi sendiri dengan menambahkan potongan sayur, buah-buahan, oat, maupun kacang-kacangan ke dalam setiap cetakan muffin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *