Khasiat Bunga Mawar Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wanita

Khasiat Bunga Mawar

Khasiat Bunga Mawar – Melihat bunga mawar tuh rasanya seger banget, kan? Selain wangi dan identik dengan romantisme, ternyata bunga berduri ini memiliki bermacam-macam khasiat, lho.

Dilansir dari The Health Site, Kamis (17/9), berikut tujuh Khasiat Bunga Mawar Bagi kesehatan dan kecantikan.

Khasiat Bunga Mawar

  • Membantu penurunan berat badan

Kelopak mawar mengandung senyawa yang meningkatkan metabolisme selain membersihkan racun dari rubuh, sehingga membantu dalam penurunan berat badan. Terlepas dari ini, mengonsumsi segenggam kelopak mawar akan mencegahmu makan terlalu banyak. Lebih jauh, bisa berdampak penurunan berat badan secara alami.

Tipsnya adalah masukkan sekitar 10-15 kelopak mawar segar ke dalam segelas air mendidih. Tunggulah sampai air berubah warna menjadi pink. Kamu juga bisa menambahkan madu dan sejumput bubuk kayu manis. Minum teh mawar ini secara teratur, terutama pada pagi hari, bisa meluruhkan timbunan lemak, lho.

  • Bertindak sebagai afrodisiak alami

Mawar diyakini bisa membantu seseorang merasa aktif secara seksual, yang pada gilirannya akan mengatur jantung, pikiran, dan sistem saraf.

Tips yang perlu kamu lakukan adalah mengambil beberapa kelopak mawar, mencucinya dengan baik dan makan langsung setiap hari. Cara ini bukan hanya membantumu merasa berenergi, tapi juga lebih aktif secara seksual. Wew!

  • Mengurangi stres dan depresi

Kelopak mawar maupun esensinya bisa meredakan stres dan depresi. Menurut sebuah studi yang dilakukan Department of Physiology and Pathology/LTF, University of ParaĆ­ba-Caixa, Brasil, esensial mawar bisa memberikan efek penenang kala dihirup.

Tips yang perlu kamu lakukan adalah mandi air panas yang ditaburi kelopak mawar. Air panas ini akan melepaskan aroma mawar dan menyebar ke seluruh kamar mandi. Dengan begitu, kamu bisa menyantaikan pikiran dan tubuhmu.

  • Membantu mengatasi ambeien atau wasir

Mawar kaya akan serat dan air, yang membantu pencernaan dengan membersihkan racun dari tubuh. Selain itu, mawar juga bisa mengatasi perdarahan akibat wasir.

Caranya adalah kamu ambil segenggam kelopak mawar dicampur dengan 50 ml air, kemudian tumbuh sampai lebur. Nah, campuran ini jadikan minuman pada waktu perut kosong, terutama pagi hari, selama tiga hari. Perdarahan wasir akan teratasi.

  • Kandungan zat-zat terkenal

Air mawar diyakini membantu iritasi kulit pada kulit sensitif, menyeimbangkan kulit berminyak, dam melembutkan kulit. Selain itu, mawar juga bisa menjadi pembersih yang ampuh dan toner, sehingga membuat kamu terlihat lebih muda alami. Mawar juga mengandung antioksidan dan senyawa antibakteri.

Cara mudahnya adalah percikkan air mawar ke kulit wajah secara teratur setiap hari. Lakukan cara ini terlebih setelah melakukan perawatan kulit rutin. Efeknya akan membuat kulitmu lebih bersinar dan menjaga kulit tetap sehat.

  • Obat jerawat alami

Kalau kamu berjerawat, kamu bisa memanfaatkan air mawar, lho. Selain sebagai pelembap yang baik, kelopak mawar mengandung sifat antibakteri yang membantu mengeringkan jerawat. Kandungan etanol fenil, senyawa antiseptik, bisa membuat air mawar efektif mengatasi jerawat.

Caranya adalah merendam beberapa biji fenugreek atau klabet (obat herbal berasal dari Nepal, India, Pakistan, dan sekitarnya, yang bisa menjadi bahan masakan dan dimanfaatkan untuk kesehatan) dalam air selama semalam. Setelah itu, bentuk klabet menjadi pasta bercampur dengan air mawar. Oleskan pada wajah, diamkan selama 20 menit, lantas bilas dengan air mawar dingin.

  • Mencerahkan warna bibir

Mawar bukan hanya memberikan kesan merah merona untuk bibirmu, tapi juga melembapkannya.

Tipsnya adalah membuat pasta dari kelopak mawar segar dengan menambahkan satu sendok susu krim dan beberapa tetes madu. Kemudian, oleskan pasta ini di bibirmu. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilaslah dengan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *