Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Wajah, Tak Cuma Buat Pencernaan

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya – Pepaya merupakan salah satu buah yang bisa ditemui di banyak tempat, mulai dari pasar tradisional hingga pasar swalayan. Pepaya adalah jenis tanaman buah ini sangat banyak dipelihara. Pohon pepaya sering sekali kita jumpai di setiap pekarangan rumah warga di Indonesia. Buah pepaya yang enak dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda sampai yang sudah matang, dapat dinikmati sebagai kuliner yang sangat menggugah selera.

Selain harganya yang terjangkau, manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan wajah juga sangat banyak. Pepaya memang menjadi salah satu buah tersehat yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti fosfor, kalium, besi, magnesium, kalsium dan lainnya. Manfaat buah pepaya yang paling ampuh adalah untuk melancarkan pencernaan dan BAB, namun tahukah anda bahwa pepaya menyimpan ribuan manfaat lainnya. Di balik rasa manisnya manfaat buah pepaya juga berlimpah.

Sumbangan vitamin yang sangat menonjol adalah vitamin C

Buah pepaya matang sangat unggul dalam hal betakaroten (276 mikrogram/100 g), betacryptoxanthin (761 mikrogram/100 g), serta lutein dan zeaxanthin (75 mikrogram/100 g). Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas. Vitamin A yang diperoleh dari 100 g buah pepaya matang berkisar antara 1.094-18.250 SI, tergantung dari varietasnya. Sementara betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin lebih banyak berperan sebagai antioksidan untuk mencegah timbulnya kanker dan berbagai penyakit degeneratif. Sumbangan vitamin yang sangat menonjol adalah vitamin C (62-78 mg/100 g) dan folat (38 mikrogram/100 g). Kadar serat per 100 gram buah masak 1,8 gram.

Serat pepaya sangat dikenal manfaatnya dalam memperlancar proses buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit. Satu potong pepaya berukuran 140 gram mampu memberikan sumbangan vitamin C sebanyak 150 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta sumbangan serat sebanyak 10 persen dari AKG.Smentara itu komposisi mineral pada buah pepaya matang sangat bagus, yaitu dominan potasium (257 mg/100 g) dan sangat sedikit sodium (3 mg/100 g). Rasio potasium terhadap sodium yang tinggi sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi. Mineral lain yang terkandung dalam jumlah lumayan adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, zinc, dan selenium. Keunggulan lain dari manfaat buah pepaya adalah rendah lemak, tanpa kolesterol, rendah sodium. Nah, berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber, manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan wajah.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah pepaya yang pertama adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

  • Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pepaya lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung. Itulah mengapa penting bahwa kamu memiliki sepotong buah pepaya tiap harinya.

  • Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau strok. Nah, manfaat buah pepaya untuk kesehatan bisa mencegah pembekuan darah. Hal ini karena pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.

  • Manfaat buah pepaya untuk menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian.Potong pepaya menjadi beberapa bagian (bentuk dadu), lalu peras satu buah jeruk nipis, kemudian taburkan sedikit gula di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas, dan santap ketika buah pepaya mulai dingin.

  • Mengurangi peradangan

Manfaat buah pepaya untuk mengurangi peradangan. Pasalnya, pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema.

  • Memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Buah berwarna oranye ini juga memberikan vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium, tembaga dan magnesium. Vitamin dan mineral ini bekerja bersama untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat buah pepaya dalam hal ini adalah memasok nutrisi yang penting untuk tubuh.

  • Manfaat buah pepaya untuk menyehatkan tulang

Dengan mengonsumsi buah pepaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein Matriks Tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

  • Sebagai cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat buah pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas. Selain bisa menjadi cadangan energi yang membuat Anda tidak mudah lelah, buah pepaya juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

  • Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 33 persen lebih banyak dibanding buah jeruk. Hal ini menjadikan manfaat buah pepaya bisa diandalkan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, khasiat buah pepaya lainnya juga bisa menguatkan kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *