Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan

Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan – Selain cahaya matahari digunakan oleh manusia, cahaya matahari juga digunakan oleh makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Hewan menggunakan cahaya matahari untuk menghangatkan tubuhnya, sementara tumbuhan menggunakan cahaya matahri untuk membuat makanannya. Tumbuhan memang tidak bisa bergerak denga cara berpindah tempat untuk mencari makanan, sehingga tumbuhan dikaruniai kemampuan untuk menciptakan makanannya sendiri dengan batuan cahaya matahari.

Dengan proses fotosintesis ini, tumbuhan dapat menghasilkan gas oksigen yang sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi. Oksigen merupakan gas yang dihasilkan oleh tumbuhan pada saat fotosintesis. Oksigen dibutuhkan oleh semua makhluk hidup untuk bernafas. Oksigen dibuat pada saat cahaya matahari memisahkan air dari gas di dalam daun.

Tumbuhan memiliki stomata yang sangat berguna. Stomata merupakan pori-pori kecil yang terdapat pada permukaan daun. Stomata bekerja untuk menyerap karbondioksida dari udara, kemudian mengeluarkan oksigen ke udara. Kadar air yang terkandung pada tumbuhan dapat memengaruhi proses menutup dan membukanya stomata.

Tumbuhan juga memiliki getah yang juga sangat berguna. Getah pada tumbuhan dihasilkan dari air yang diserap oleh tumbuhan itu sendiri yang mengandung gula. Getah mengalir melalui pembuluh. Getah merupakan darah dari tumbuhan. Dalam getah terdapat dua macam pembuluh, yakni xilem dan floem. Xilem merupakan pembuluh yang mengangkut cairan getah dan garam mineral dari dalam tanah ke daun. Sedangkan, floem merupakan pembuluh yang mengangkut cairan getah ke ujung-ujung pada akar.

Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan

  • Untuk Menghangatkan Tubuh

Ada beberapa hewan yang memanfaatkan energi matahari sebagai sarana untuk menghangatkan tubuhnya, contoh seperti ular, kadal, burung dan banyak lagi hewan-hewan lainnya yang memanfaatkan energi matahari agar bisa bertahan hidup.

  • Untuk Mencerna Makanan

Tidak sedikit pula hewan yang memang secara alamiahnya memiliki pencernaan buruk, sehingga untuk mencerna makanan yang ia makan, hewan-hewan tertentu memanfaatkan panas dari sinar matahari dengan cara berjemur agar makanannya bisa dengan cepat di cerna.

  • Menguatkan Tulang

Tidak hanya manusia saja yang ingin memiliki tulang yang kuat, hewan pun harus memiliki tulang yang kuat karena tanpa tulang yang kuat seekor hewan akan mudah sakit dan akan sulit dalam mencari makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *