Posisi Tidur Yang Wajib Anda Coba Ketika Mengalami Insomia

Posisi Tidur

invitationsampler – Posisi tidur sehat berikut ini sangat direkomendasikan bagi Anda agar bisa tidur lebih nyenyak, plus bagus untuk kesehatan tubuh.
Bagi Anda yang selalu menderita insomnia, atau sulit tidur nyenyak. Saatnya kini mempraktekkan posisi tidur sehat agar tidur Anda lebih berkualitas

  • Telentang dengan kedua tangan lurus di samping badan


Posisi ini dianggap paling baik untuk kesehatan tulang belakang dan tulang leher. Namun, hindari menggunakan bantal yang tinggi atau menumpuk banyak bantal. Posisi bantal tinggu bisa membuat leher tertekuk ke depan, selain tidak nyaman juga bisa memicu dengkuran.

Bagi Anda yang bertubuh gemuk, posisi ini tidak terlalu disarankan. Sebab, bisa menimbulkan gangguan tidur sleep apnea, yakni henti napas sejenak saat sedang tidur. Hal ini membuat tidur jadi kurang berkualitas, karena pasokan oksigen ke otak selama tidur terhambat.

  • Telentang dengan tangan terentang ke atas


Posisi tidur ini bagus untuk kesehatan punggung, juga menghindari kerutan atau jerawat di wajah

  • Posisi tidur sehat tengkurap


Posisi tidur ini baik untuk kesehatan pencernaan, pastikan Anda bisa bernapas dengan lancar. Jika tidur tengkurap terasa menyesakkan, sebaiknya hindari posisi ini.

  • Meringkuk seperti janin dalam kandungan


Posisi tidur sehat yang satu ini paling cocok untuk para bumil. Karena bisa meningkatkan sirkulasi darah ibu juga janin dalam kandungan. Tidur meringkuk dengan miring ke sisi kiri, akan mencegah rahim menekan jantung atau hati. Posisi ini juga disarankan bagi mereka yang punya masalah tidur mendengkur.

  • Berbaring menyamping dengan tangan lurus


Posisi ini bermanfaat mencegah naiknya asam lambung, kondisi tulang belakang yang lurus akan membuat Anda terhindar dari keluhan sakit punggung atau leher. Saluran napas yang lebih terbuka membuat masalah mendengkur bisa diatasi. Bagi mereka yang menderita sleep apnea, posisi ini direkomendasikan untuk dicoba

  • Tidur menyamping tangan ke depan


Sama seperti poin sebelumnya, posisi ini baik untuk kesehatan tulang belakang. Juga mengatasi masalah gangguan tidur seperti mendengkur dan sleep apnea. Posisi ini juga disarankan bagi Anda yang bertubuh gemuk. Kondisi tangan yang ke depan, tidak akan memberi tekanan pada bagian tubuh yang lain.

  • Posisi tidur sehat dengan miring ke sebelah kiri


Michael Breus, seorang psikolog klinis menyatakan bahwa tidur miring ke sebelah kanan kurang baik untuk kesehatan, karena bisa membuat sirkulasi drah tidak lancar. Tidur pada posisi miring kanan bisa juga membuat Anda jadi sering bergerak dalam tidur dan tidurpun menjadi tidak nyenyak.

bahwa tidur miring ke sebelah kanan kurang baik untuk kesehatan, karena bisa membuat sirkulasi drah tidak lancar. Tidur pada posisi miring kanan bisa juga membuat Anda jadi sering bergerak dalam tidur dan tidurpun menjadi tidak nyenyak.

Selain itu, dokter juga biasanya menyarankan para ibu hamil untuk tidur dengan miring ke sebalah kiri, karena bisa melancarkan sirkulasi darah ke janin. Namun, bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung naik (GERD), disarankan untuk tidur miring ke sebelah kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *