Sudah Tahukah Gaji Pramugari di Negara Indonesia ?

Sudah Tahukah Gaji Pramugari

Sudah Tahukah Gaji Pramugari – Sebagian wanita mungkin pernah bercita-cita sebagai pramugari. Profesi ini adalah salah satu impian anak-anak perempuan. Pekerjaan pramugari tampak menyenangkan karena seseorang bisa bekerja sambil jalan-jalan keliling dunia dan melihat berbagai tempat yang indah. Benarkah demikian?

Sudah Tahukah Gaji Pramugari

Beberapa flight attendant yang menulis review di Qerja mengungkapkan hal positif tentang pekerjaannya. Seorang pramugari yang bekerja di PT Lion Mentari Airlines mengatakan profesi ini telah membawanya keliling Indonesia dan mencicipi kuliner khas di berbagai daerah. Rekan kerjanya di PT Lion menambahkan bahwa pekerjaan ini telah membuatnya memiliki pergaulan yang luas.

Selain itu, maskapai penerbangan juga memperlakukan para pramugari dengan layak. Seorang flight attendant PT Lion mengatakan bahwa perusahaan menyediakan mess dan fasilitas transport selama bertugas. Sementara pramugari PT Sriwijaya Air mengatakan perusahaan telah memberikan gaji yang memuaskan.

Sudah Tahukah Gaji Pramugari Standar di Indonesia

Gaji untuk pramugari sangat bervariasi tergantung perusahaannya. Berdasarkan data gaji yang dikumpulkan Qerja, gaji flight attendant rata-rata di NAM Air Rp 8 juta. Sementara gaji pramugari yang bekerja di PT Lion Mentari Airlines sekitar Rp 8,4 juta.

Selain itu, banyak perusahaan yang menawarkan gaji besar untuk paara awak kabin. PT Indonesia AirAsia memberikan gaji sekitar Rp 12 juta untuk para pramugari. Sementara PT Garuda Indonesia (persero) Tbk membayar kerja keras flight attendant sekitar Rp 14,8 juta. Ternyata, PT Sriwijaya Air memberikan gaji lebih tinggi yaitu sebesar Rp 19,5 juta. Adapun pramugari Cathay Pacific Airways Ltd. bisa mendapat penghasilan hingga Rp 25,5 juta.

Pramugari memang mendapat gaji yang cukup layak, pengalaman keliling dunia yang tak ternilai dan berbagai fasilitas. Hal itu sebanding dengan kerja keras yang telah dilakukan pramugari selama melayani penumpang pesawat.

Seorang pramugari bernama Annette Long mengungkapkan pada Businessinsider.com tentang bagaimana orang telah salah menilai profesi pramugari. Menurut Long, pekerjaan pramugari jauh dari kata glamor. Bahkan bagi pramugari yang melayani penumpang kelas satu sekalipun. “Kami berurusan dengan banyak sampah –Anda mungkin tidak pernah berpikir betapa banyak sampah di pesawat,” ujarnya. Pramugari adalah awak kabin yang bertugas membereskan sisa makanan penumpang atau tisu yang mungkin tercecer di toilet.

Selain itu, pramugari harus memberikan pelayanan terbaik agar penumpang merasa nyaman di pesawat. Sebab, pramugari berinteraksi dengan berbagai macam orang di dalam pesawat. Ada penumpang yang naik pesawat untuk menuju tempat pernikahan. Sementara penumpang lainnya sedang merasa sedih karena akan menghadiri pemakaman. “Pramugari harus menyesuaikan diri untuk setiap situasi dan emosi di balik itu (penumpang),” kata Long.

Maka, pramugari harus peka saat menghadapi penumpang. Hal ini ditunjukkan oleh pramugari Garuda Indonesia bernama Vera yang namanya menjadi pembicaraan di dunia maya beberapa waktu lalu. Vera yang didampingi Flight Service Manager (FSM) Ninik Septinawati berinisiatif membantu penumpang yang tidak bisa berjalan dengan menggendong sang nenek sampai petugas pembawa kursi roda tiba.

Pelajaran dari Pramugari yang Menggendong Penumpangnya

Pada akhirnya, pramugari ingin semua penumpang merasa aman dan nyaman selama di pesawat. Maka, mereka senantiasa tersenyum saat membantu memasangkan sabuk pengaman, menawarkan makanan, atau memeragakan adegan keselamatan. Tapi, ada kalanya pramugari harus tegas. Misalnya, saat ada orang yang tetap menyalakan telepon seluler saat pesawat akan tinggal landas. “Kami ingin semua orang menyukai kami, tapi tidak semua penumpang begitu,” kata Long.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *