Tanda Lahir Berwarna Gelap Pada Pantat atau Punggung Bayi

Tanda Lahir Berwarna Gelap Pada Pantat atau Punggung Bayi

Invitationsampler – Sekitar 80 persen bayi dilahirkan memiliki tanda lahir yang muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Jika Anda melihat tanda lahir pada bayi Anda berupa bercak datar berwarna biru keabuan cukup gelap dengan bentuk tidak teratur, ini artinya si bayi memiliki Mongolian spot. Apakah berbahaya?

Mongolian spot adalah tanda lahir pada bayi yang berwarna biru tua

mongolian spot

Mongolian spot adalah tanda lahir jenis pigmen. Artinya, tanda lahir tersebut terbentuk dari penumpukan pigmen melanosit (zat pewarna alami kulit) di satu area kulit tertentu selama embrio bayi masih dalam masa perkembangan di kandungan.

Kumpulan melanosit yang terperangkap di bawah kulit kemudian akan memunculkan bercak datar berwarna abu-abu, kehijauan, biru tua, atau hitam. Meski warnanya mirip dengan lebam atau memar yang biasanya muncul sehabis terbentur sesuatu, tanda lahir pada bayi ini tidak menyebabkan nyeri.

Mongolian spot biasanya berukuran 2-8 cm dengan bentuk acak tidak beraturan, dan sering terdapat di bagian tubuh yang tertutup seperti pantat dan punggung bawah, tapi bisa juga di kaki atau lengan. Dalam istilah medis, tanda lahir mongolian disebut juga dengan melanositosis kulit bawaan. Orang Indonesia mungkin lebih akrab dengan sebutan “tompel”.

Penyebab tanda lahir Mongolian spot pada bayi


Sampai saat ini tidak ada pakar kesehatan yang tahu pasti apa penyebab

Namun, mongolian spot sering ditemukan pada bayi yang berkulit gelap seperti ras Mongoloid (orang Asia) dan ras Negroid (orang-orang Afrika).

Apakah Mongolian spot pada bayi berbahaya?

bayi tersenyum saat tidur

Dikutip dari Healthline, tanda lahir pada bayi ini tidak berbahaya dan tidak terkait dengan kondisi kesehatan atau penyakit kulit tertentu. Mongolian spot tidak dapat dicegah, tapi umumnya akan memudar sendiri sebelum anak memasuki masa remaja.

Dalam kasus yang sangat jarang, Mongolian spot berukuran cukup besar dan meluas, berada di luar area punggung atau pantat, bisa timbul sebagai gejala penyerta dari penyakit metabolik langka seperti:

  • Penyakit Hurler
  • Hunter’s syndrome
  • Penyakit Niemann-Pick
  • Mukolipidosis
  • Mannosidosis

Anda juga harus segera cek ke dokter jika tanda lahir tersebut mengalami perubahan bentuk, warna, atau ukuran. Bisa jadi itu adalah tahi lalat tanda kanker kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *